Kamis, 05 Januari 2012

Kemana Wisata Religi?

Cobalah lengkapi agenda wisata Anda melalui wisata religi. Tak hanya akan memperoleh suasana yang berbeda, namun Anda pun akan memperoleh sebuah rasa kedamaian dalam jiwa melalui wisata religi ini.



Berikut beberapa objek wisata religi di DIY :
•    Sendangsono
Nama Sendangsono diambil dari kata sendang  yang berarti mata air dan sono yang merupakan nama sebuah pohon yang terdapat di sana. Sendangsono mempunyai ciri terbuka, menyatu dengan masyarakat sekitar, alami dan mengedepankan keserasian dengan alam. Sendangsono terbuka untuk umum tanpa memandang keyakinan yang dianut peziarah.
Secara khusus bagi pemeluk agama Katholik Sendangsono merupakan tempat ziarah yang disebut Lourdes Indonesia untuk penghormatan kepada Ibu Maria. Tahun 2004 oleh Keuskupan Agung Semarang ditetapkan sebagai momentum lahirnya Gereja Katholik yang bercirikan Jawa di Kalibawang dan sekitarnya serta tempat untuk berdoa, menggali, menumbuhkembangkan dan melestarikan iman.
Fasilitas yang tersedia bagi pengunjung antara lain taman dan tempat istirahat, penginapan yang dikelola penduduk, warung makan dan warung souvenir. Tempat ziarah ini berada di atas bukit di Desa Banjaroyo Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo. Kurang lebih 39 km dari Jogja atau 37 km dari Kota Wates serta 10 km dari Candi Borobudur.
•    Makam Nyi Ageng Serang
Nyi Ageng Serang adalah pahlawan nasional perempuan. Pada masa Perang Diponegoro, beliau memimpin Laskar Gula Kelapa wilayah Jawa Tengah dan melakukan long march dari Serang ke barat, menyusuri Sungai Progo kemudian bermarkas di Traju Mas Perbukitan Menoreh. Di bukit ini beliau bersama pasukannya menyusun strategi peperangan hingga wafat pada usia 76 tahun, 2 tahun sebelum Perang Diponegoro berakhir dan dimakamkan di sana.
Makamnya dipugar pada tahun 1983 dengan bentuk joglo. Di depan makam terdapat sebuah monument yang menerangkan beliau sebagai pahlawan nasional.
Makamnya terletak di atas bukit di desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo, sekitar 6 km dari jalan Dekso Muntilan. Jarak dari Jogja 32 km. (Saras D Chandra/ 153080074)
sendangsono merupakan salah satu objek wisata religi. sumber google
Nyi Ageng Serang merupakan pahlawan wanita nasional jaman Perang Diponegoro. sumber google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar