Senin, 16 Januari 2012

TIPS BERWISATA DI TEMPAT IBADAH

Berkunjung ke rumah ibadah memang menarik, apalagi jika tempatnya unik, rasanya ingin segera masuk. Eits, tunggu dulu! Jangan lupa dengan sopan santun. Berikut 5 tips yang berhasil dihimpun untuk Anda yang ingin bertandang ke rumah ibadah.

1. Cari info

Jika Anda tertarik mengunjungi sebuah tempat peribadatan di suatu daerah, ada baiknya mencari informasi terlebih dahulu. Maksimalkan waktu Anda untuk mencari informasi melalui internet. Bertanya kepada teman yang pernah ke sana juga bisa jadi referensi yang berguna bagi Anda. Jika Anda sudah berada di tempat dan tidak ada waktu untuk mencari informasi melalui internet atau kolega, Anda bisa bertanya kepada penduduk lokal. Bertanya kepada penjaga tempat ibadah juga bisa jadi pilihan pertimbangan bagi Anda.

2. Sesuaikan pakaian

Sejatinya, rumah ibadah identik dengan kesopanan. Anda tentu ingin sopan dan bersih jika ingin berbincang dengan Tuhan. Perhatikan pakaian Anda, apakah sudah cukup sopan? Anda bisa menutupi kaki Anda dengan kain jika Anda sedang memakai celana pendek. Anda bisa memakai kain untuk menutupi kepala atau lengan Anda jika diperlukan. Meski beberapa tempat ibadah menyediakan kain untuk menutupi bagian tubuh, tidak ada salahnya Anda menyiapkan sendiri.

Jika Anda merasa diri Anda kotor, Anda bisa membersihkan diri terlebih dahulu. Mengganti pakaian atau membasuh diri bisa jadi pilihan bersih-bersih Anda. Tanyakan kepada petugas, apakah ada kamar mandi umum terdekat yang bisa digunakan.

3. Jaga tindakan Anda

Ketenangan dan kedamaian adalah ikon sebuah rumah ibadah. Tentu Anda tidak ingin merusak suasana khusyu dengan berteriak-teriak atau tertawa terlalu kencang. Selain mengganggu, keributan seperti itu tentu akan membuat Anda malu sendiri. Tempat ibadah yang luas dan sepi seperti kompleks Pura sering memancing sifat iseng manusia. Jangan sampai Anda tertangkap basah sedang melakukan tindakan asusila. Selain Anda akan mendapat sanksi sosial, Anda juga telah mengotori tempat suci.

4. Jaga kebersihan

Membuang sampah sembarangan memang sudah dilarang di mana-mana, apalagi membuang sampah di area suci. Sampah permen yang kecil tentu bisa Anda buang dengan tidak sengaja. Meski kecil, itu tetap sampah dan akan mengganggu pemandangan tempat ibadah yang identik dengan bersih dan asri. Simpan sampah Anda di kantong atau tas dan buang saat Anda melihat tempat sampah. Tahan tangan jahil Anda yang ingin melempar sampah.

5. Hormati aktivitas ibadah yang berlangsung

Terkadang, waktu kunjungan wisata religi Anda ke suatu tempat, bertepatan dengan waktu peribadatan di tempat tersebut. Misalnya saja, kunjungan ke masjid bersejarah saat masuk waktu salat, atau ke gereja saat ada misa dan ke pura atau kuil saat ada persembahyangan. Untuk yang satu ini Anda harus tahu diri, jika Anda tidak bisa masuk, dahulukan kepentingan mereka yang sedang menjalankan ibadah. Menunggu beberapa saat, kan tidak merugikan Anda.
Saras D Chandra (153080074)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar