Senin, 16 Januari 2012

Taman Makam “Giri Sapto”

bagian anak tangga di dalam makam giri sapto. sumber google
Kita mungkin sering mendengar nama makam, makam Pahlawan, makam para Raja, makam para Bangsawan dan lainnya, namun apakah anda pernah mendengar makam yang di khususkan untuk para seniman? Hanya ada satu di Indonesia tepatnya di daerah Girirejo, Kecamatan Imogiri, Bantul, Jogja.
Taman Makam Seniman Budayawan “Giri Sapto”, nama itu diberikan oleh penggagas sekaligus pendiri DR. (HC) RM. Sapto Hoedojo FRSA (Felloe Royal School Art), seniman serba bisa asal Solo.
Desainnya sangat menarik, yang pertama kita lihat bukan deretan batu nisan melainkan deretan anak tangga bertingkat dengan pintu gerbang yang berbentuk setengah lingkaran yang menjulang ke atas. Sebelum menaiki anak tangga kita dapat melihat Masjid dan Pos Kecil yang berada di sekitar area masuk.
Seniman-seniman yang dimakamkan di tempat ini antara lain : DR.RM Sapto Hoedojo, pendiri dan pemrakarsa tempat ini, KRT Sasmintadipura/ Romo Sas, H. Widayat, Kirdjomuljo, dll.
Tak hanya seniman lukis dan tari, taman makam Giri Sapto juga menjadi tempat peristerihatan terakhir bagi para pahlawan Indonesia yaitu Kusbini, L. Manik masing-masing pencipta lagu Bagimu Negri dan Satu Nusa Satu Bangsa karena asanya menciptakan lagu bernuansa patriotisme, yang sering kita dengarkan dibulan Agustus ini atau di setiap upacara hari kenegaraan. Saras D Chandra / 153080074

Tidak ada komentar:

Posting Komentar