Jumat, 06 Januari 2012

Tidak Lengkap Tanpa Makanan Penutup

disert : penyajian mkanan penutup setelah menikmati makanan utama

JOGJA – Terkadang orang hanya memperhatikan atau mengutamakan hanya makanan pokok saja seperti makanan berat, seperti nasi atau daging yang sering dikonsumsi. Padahal makanan penutup atau orang biasa sebut dengan disert juga tidak kalah penting. Makanan penutup ini biasanya berupa buah atau  roti untuk menutup ritual makan kita atau pemanis dari makan kita.
Hal ini yang dilakukan oleh pihak Hotel Sahid Raya Yogyakarta dengan menghadirkan makanan yang juga menjadi andalan dari hotel tersebut, makanan penutup yang dimaksud adalah Classic Pancake Strowberry. “ Classic Pancake Strowberry cocok dinikmati untuk makanan penutup setelah kita mengkonsumsi makanan utama serta cocok juga untuk menemani kita untuk menikmati kopi ” ujar Exekutif Chef Hotel Sahid Raya Yogyakarta, Muh. Irwan saat ditemui pihak pernak - pernik jogja di resaturant.
Untuk pembuatannya tidak terasa sulit karena dari pembuatannya saja terbilang mudah dan untuk bahan – bahannya sendiri terbilang gampang ditemui di pasar atau supermarket. Untuk adonan dari pancake ini kurang lebih seperti adonan kue bolu, bahan – bahan yang disiapkan dengan menggunakan bahan – bahan pilihan yang sudah dijadikan satu diaduk. Setelah diaduk rata tidak usah menunggu mengembang, namun lansung saja di masukan kedalam loyang dan di oven kurang lebih selama 20 menit. “untuk menyiapakan makann ini kepada penikmatnya diperlukan waktu yang sedikit lama kurang lebih 20 menit, karena juga untuk menunggu peniukmat selesai menyelesaikan makanan nanti bisa langsung menyantap makan penutu ini” tambah chef yang sudah malang melintang di dunia kuliner kurang lebih 21 tahun ini.
Untuk makanan ini tidak menggunakan pengawet atau pemanis buatan, sehingga makanana ini sehat dikonsumsi untuk segala umur tanpa ada rasa kekhawatiran sendiri. Untuk pelengkap dalam makanan ini diatmbahkan madu atau apel siru untuk menambah rasa manis walaupun  pancake ini sudah terasa manis. Untuk penyuguhannya sendiri setelah pancake di hidangkan di piring ditambahkan taburan gula halus untuk mempercantik tampilan serta tetap mempertahankan rasa manisnya.
Untuk menghadirkkan makanan penutup ini, penikamtnya hanya merogoh kocek sebesar Rp 33.000,-.Harga tersebut sebanding dengan apa yang kita dapatkan dari rasa serta porsi yang cukup memuaskan. Tentunya untuk rasanya sendiri tidak diragukan lagi makanan ini identik dengan rasa manisnya,tutup chef saat berbincang dengan pernak - pernik jogja. Oleh M.Dadang DC/ 153080120

Tidak ada komentar:

Posting Komentar